Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan dan Kecantikan √ 4+ Keistimewaannya

Superfood adalah sebutan istimewa untuk spirulina. Sebenarnya spirulina itu apa sih ?, Apakah spirulina bagus dikonsumsi dan apa saja manfaat spirulina untuk kesehatan ?, sudahkah teruji secar klinis ?. Untuk anda yang ingin mengonsumsi spirulina, baiknya mengetahui dulu berbagai fakta mengenai spirulina yang akan kami ketengahkan berikut.

Manfaat Spirulina

Spirulina merupakan tanaman yang termasuk kedalam species cyanobacteria, tanaman ini dikenal juga sebagai ganggang yang berwarna hijau-kebiruan, manfaat spirulina dapat dikonsumsi oleh manusia. Biasanya, spirulina tumbuh pada perairan tropis / subtropis yang mengandung kadar garam tinggi, ada juga beberapa jenis spirulina yang tumbuh pada air tawar biasa.

Tanaman spirulina yang sudah melalui proses pengolahan biasanya dapat dicampurkan kedalam suplemen makanan, kosmetik, susu, sari buah, minuman serbuk dan bahkan menjadi bekal untuk para astronot yang pergi menjelajah keluar angkasa. Tedapat kepercayaan umum bahwa apa saja jenis makanan atau minuman yang mengandung spirulina mempunyai kadar nutrisi yang lebih tinggi dibanding makanan lain.

Lalu, Apa Saja Kandungan Spirulina ?

Setiap 7 gram spirulina bubuk kering setidaknya mengandung beberapa nutrisi berikut :

  • Protein dengan jumlah 4 gram.
  • Vitamin B1 / Thiamin yaitu 11 persen dari tunjangan diet yang di rekomendasikan (recommended dietary allowance/RDA).
  • Viamin B2 / Riboflavin yaitu 15 persen dari tunjangan diet yang di rekomendasikan / RDA.
  • Vitamin B3 / Niacin dengan kadar 4 persen dari RDA.
  • Zat besi dengan jumlah 21 persen dari RDA.
  • Tembaga sebanyak 21 persen dari RDA.
  • Kandungan lainnya adalah 20 kalori, 1.7 gram karbohidrat dan beberapa magnesium, kalium serta berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh manusia.

Fakta Mengenai Berbagai Manfaat Spirulina

Beberapa iklan menyebutkan bahwa bahwa spirulina dapat mengatasi berbagai macam penyakit, salah satu yang paling terkenal adalah bahwa spirulina bisa dijadikan sebagai obat penggemuk badan yang bereaksi cepat, penambah nafsu makan, mengurangi stress, mengatasi alergi, mengembalikan tenaga saat kelelahan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki memori, menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, memperlancar sistem pencernaan dan berbagai khasiat lainnya. Apakah benar manfaat spirulina seperti itu ?.

Apabila ditinjau dari segi medis, spirulina memang mempunyai dampak yang bagus untuk tubuh. seperti mengobati luka prakanker pada mulut, berikut beberapa manfaat spirulina menurut uji klinis yang sudah terbukti :

  1. Sebagai sumber antioksidan untuk mencegah masuknya radikal bebas kedalam tubuh, juga mempunyai sifat antiradang untuk DNA dan sel tubuh yang mengalami kerusakan oksidatif. Spirulina juga dapat meredakan peradangan yang terjadi pada hidung atau disebut rhinitis.
  2. Beberapa studi mengenai manfaat spirulina menemukan bahwa orang yang berkolesterol tinggi juga dapat sembuh dengan sebab pemberian 1 gram spirulina setiap hari. Terbukti bahwa spirulina dapat menurunkan kadar LDL yang tidak teroksidasi dalam darah, dan mempertahankan HDL dalam darah. Menurut penelitian di korea selatan. efek menurunkan kolesterol ini tidak dapat terjadi pada orang yang terkena penyakit obesitas.
  3. Spirulina juga dapat menurunkan tekanan darah yang terjadi akibat peningkatan produksi nitrit oksida yang melebarkan pembuluh darah, pemberian 4.5 gram spirulina perhari sangat bermanfaat untuk kondisi ini.
  4. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan masa otot.

Itulah berbagai manfaat spirulina yang sudah terbukti secara klinis penelitian medis. Untuk kondisi lainnya masih diperlukan kembali proses penelitian yang lebih jelas.

Efek Samping Spirulina

Sebaiknya anda berhati-hati, karena ternyata beberapa jenis spirulina mengandung racun yang berbahaya untuk kesehatan. Ada lagi beberapa jenis spirulina yang belum terbebas dari substansi-substansi berbahaya seperti microcystins yang dapat menyebabkan kerusakan organ hati, menimbulkan logam beracun, dan berbagai bahaya lain yang dapat menimpa tubuh, terutama anak-anak.

Disamping memilih jenis spirulina yang tepat, karena ada spirulina yang telah terpapar zat beracun yang dapat menimbulkan terganggunya saluran cerna, mual, muntah, jantung berdebar kencang, kelelahan, haus berlebihan, dan pada efek panjanganya bisa menimbulkan kerusakan organ hati dan bahkan kematian.

Meskipun begitu, terdapat juga spirulina yang bagus untuk kesehatan. Jika anda ingin mengonsumsi spirulina sebaiknya memilih produk yang sudah mempunyai izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar keamanan dan khasiatnya lebih terjaga. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *